Mengapa Air Laut Asin

Mengapa Air Laut Asin, Mau Tahu Jawabannya?

Diposting pada

Mengapa air laut asin ? Mungkin pertanyaan bodoh atau ilmiah? Akan tetapi, banyak yang bertanya mengapa rasa air laut asin?

Bagi anda yang pernah pergi atau berwisata ke Pantai tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya berenang ( swimming ) atau kegiatan lainnya seperti snorkling, surfing atau sekedar berjemur.

Atau anda pernah coba-coba mencicipi air laut, gimana rasanya? Asin kan?

…. dan dalam hati kecil anda bertanya ” Mengapa air laut asin rasanya?” kenapa gak dibuat manis atau tawar saja?

Mari kita cari tahu jawabannya….

Berdasarkan data bahwa bumi ini terdiri dari 70% lautan dan sisanya adalah daratan ( dikurangi danau dan sungai ) mungkin daratan hanya sekitar 15% saja yang dihuni oleh manusia.

Untuk dapat mengetahui rasa asin pada air laut dapat kita lakukan melalui kajian ilmiah dengan mengumpulkan berbagai macam literatur atau kajian-kajian yang selama ini telah dilakukan oleh beberapa ahli kelautan

Mengapa Air Laut Asin Rasanya?

Fenomena asin pada air laut dapat dijelaskan secara ilmiah dan ini merupakan sebuah keajaiban dalam penciptaan bumi. Tentu saja, dengan diciptakannya rasa asin pada air laut ada tujuan dan manfaatnya.

Allah menciptakan segala sesuatu dengan manfaatnya untuk ummat manusia.

… tidak ada yang SIA-SIA di muka bumi ini, semuanya bermanfaat.

Mengapa Air Laut Asin ?
Dongeng sebelum tidur…

Dahulu, ada sebuah perahu yang berlayar mengarungi lautan. Perahu tersebut bermuatan garam. Namun ditengah perjalanan dihadang badai yang sangat besar dan perahu itu pun tenggelam. Akhirnya air laut menjadi asin karena garam yang dibawa perahu tersebut

Jika anda tida setuju dengan dongeng penyebab air laut asin, apakah anda setuju dengan pernyataan dibawah

  1. Air laut asin karena sang putri menangis dan air matanya mengalir ke laut
  2. Air laut asin karena keringat nelayan yang sedang mencari ikan
  3. Air laut asin karena ganggang dan hewan laut yang mati

Masih belum setuju? Kita cari tahu secara ilmiah dengan penjelasan logis

mengapa air laut asin
Proses Penguapan Air Laut

Next, langsung saja pada pokok permasalahan mengapa air laut asin dan berikut kita akan pelajari alasan rasa asin pada air laut atau penyebab air laut asin rasanya.

Kandungan Mineral Air Laut

Untuk dapat mengetahui mengapa air laut asin dapat dicari dengan mengetahui kandungan mineral air laut itu sendiri. Apa saja bahan kimia yang terkandung dalam air laut dan dari mana mineral tersebut berasal?.

Saya tidak berbicara katanya, tapi mari kita berbicara fakta. Menurut sebuah studi, air laut memiliki kandungan mineral yang cukup banyak diantaranya :

  • Klorida (55%)
  • Natrium (31%)
  • Sulfat (8%)
  • Magnesium (4%)
  • Kalsium (1%)
  • Potasium (1%) dan
  • Bikarbonat, Bromida, Asam borak, Strontium dan Florida ( Kurang dari 1%)

Setelah tahu kandungan mineral air laut, mari kita cari tahu lagi fungsi dan manfaat mineral tersebut….

#Klorida

Menurut Wikipedia Klorida adalah ion yang terbentuk sewaktu unsur klor mendapatkan satu elektron untuk membentuk suatu anion (ion bermuatan negatif) Cl−. Garam dari asam klorida HCl mengandung ion klorida. contohnya adalah garam meja.

Garam kan asin, air laut juga asin…

#Natrium

Natrium adalah unsur yang paling melimpah dalam kerak bumi, dan terdapat di banyak mineral seperti feldspar, sodalit dan halit (garam batu, NaCl). Banyak garam natrium sangat larut dalam air: ion natrium telah dilindi oleh aksi air dari mineral Bumi selama ribuan tahun, dan dengan demikian natrium dan klorin adalah unsur terlarut yang paling umum terjadi di lautan (berdasarkan berat).

Natrium ketemu dengan Klorida jadi NaCL ( Natrium Klorida ) yang merupakan mineral utama garam dapur

Kita skip bagian mineral lainnya…

Penyebab Umum Air Laut Asin

Dari kandungan mineral air laut saja sudah diketahui penyebab asin pada air laut. Untuk lebih jelas lagi, mari kita simak proses terjadinya asin pada air laut.

Alam adalah alasan utama rasa asin pada air laut. Kita tahu bahwa air dari laut sebagian besar berasal dari sungai yang mengalir. Nah, sungai tersebut selain menyumbang air juga menyumbang mineral yang perlahan-lahan terkumpul di laut sehingga laut dipenuhi garam yang terbawa oleh sungai.

Tidak cukup sampai disitu saja, ada hal lain yang menyebabkan air laut asin yaitu PENGUAPAN. Luas nya permukaan air laut dan tersinari oleh matahari sepanjang hari membuat penguapan air laut menjadi tinggi. Air yang menguap ( H2O ) tidak serta merta membawa garam, artinya mineral atau garam tertinggal di laut atau tidak ikut menguap bersama air.

Selain dua hal tadi, penyebab rasa asin pada air laut adalah adanya endapan mineral didasar lautan. Endapan ini juga turut menyumbang rasa asin pada air laut

Manfaat Asin pada Air Laut

Kita tidak sedang berbicara tentang manfaat susu beruang atau manfaat daun sirih, kita sedang membahas manfaat air laut bagi kehidupan manusia di muka bumi.

Seperti yang telah saya kataka diatas, bahwa Allah menciptakan semua yang ada di bumi ini dengan manfaatnya tidak terkecuali penciptaan asin pada air laut.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari asinnya air laut :

  1. Dapat disuling menjadi garam
  2. Sebagai sumber makanan ( Ikan )
  3. Mematikan bau dari bangkai ( bayangkan kalau seandainya rasanya tawar, mungkin bau bangkai dimana2 dari ikan yang mati )

Bagaimana, kamu sudah tahu mengapa air laut asin? Lengkapi jika menurut anda kurang lengkap. Sekian

Gambar Gravatar
Budi Permana, Orang dibalik suksesnya AGAIndonesia. Senang berbagi senang berkarya. AGAIndonesia bertekad menjadi blog terbaik Indonesia.

One thought on “Mengapa Air Laut Asin, Mau Tahu Jawabannya?

Tinggalkan Balasan