Manfaat Jambu Monyet/Mete Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Monyet | AGAIndonesia.co.id. Hampir setiap orang pasti kenal dengan buah yang satu ini, jika dilihat dari namanya jambu monyet tidak ada kaitan erat dengan keberadaan monyet. Jambu monyet atau yang juga dikenal jambu mede adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil.

Dalam masyarakat sunda daun jambu monyet muda sering dijadikan lalap dan biasanya dicampur dengan daun pepaya yang masih muda.
manfaat jambu monyet
Kaju ( Sunda ) atau jambu monyet merupakan tanaman yang cukup populer di daerah saya. Daging buahnya biasa di rujak dan bijinya biasa dibakar untuk dikonsumi secara langsung

Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan, ada baiknya kita melihat apa saja kandungan yang terdapat dalam jambu mede.

Jambu monyet mengandung senyawa seperti tanin, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik. Selain itu daunnya yang masih muda juga mempunyai kandungan kimia seperti vitamin A sebesar 2689 Sl per 100 gr, vitamin C sebesar 65 gr per 100 gr, kalori 73 gr per 100 gr, protein 4,6 gr per 100 gr, lemak 0,5 gr per 100 gr, hidrat arang 16,3 gr per 100 gr, kalsium 33 mg per 100 gr, fosfor 64 mg per 100 gr, besi 8,9 mg dan air 78 gr per 100 gr.

Baca juga : Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan

Manfaat jambu monyet tentunya sangat banyak dengan kandungan yang terdapat didalamnya terutama manfaat atau khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat jambu monyet untuk kesehatan :

  1. Obat pencahar. Air rebusan akar jambu mete berkhasiat sebagai obat pencahar.
  2. Mengobati penyakit eksim dan penyakit kulit kronis. Daun jambu mete yang sudah tua dapat digunakan untuk mengobati penyakit eksim dan penyakit kulit kronis yang sampai saat ini belum ada obatnya, serta sebagai obat luka bakar.
  3. Obat perangsang birahi. Daun jambu mete yang masih muda sering digunakan sebagai lalapan dan bahan sayur. Daun muda jambu monyet ini memiliki kemampuan seperti jamu sari rapet dan sekaligus berfungsi sebagai obat perangsang birahi.
  4. Diabetes mellitus. Rebus 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  5. Disentri. Rebus 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet dengan 1,5 liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minum 2 kali sehari, pada pagi dan sore.
  6. Radang mulut. Caranya rebus 1 genggam daun jambu mete dan 1 potong kulit batang jambu mete dengan 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Video Manfaat Jambu Monyet untuk Kesehatan

Selain berupa tulisan, maka kami manyajikan video tentang manfaat jambu monyet untuk kesehatan. Silahkan simak video dari Sehat Channel dibawah ini :

Efek Samping Jambu Monyet

Sebagai catatan, sebaiknya Anda berhati-hati dengan getah di dalam biji jambu mete, karena getah tersebut beracun dan dapat mengakibatkan iritasi kulit, peradangan serta pembengkakan pada kulit. Kasus yang paling banyak adalah pada anak kecil yang tanpa sengaja menggigit biji jambu mete.

Demikian artikel tentang manfaat jambu monyet untuk kesehatan ini disampaikan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan