4 Makanan Penambah Darah Mencegah Anemia

4 Makanan Penambah Darah | AGAIndonesia.co.id. Pada kesempatan yang baik ini akan disampaikan beberapa makanan penambah darah yang akan berguna bagi anda penderita anemia atau ingin mencegah penyakit anemia ( kekurangan darah ).

Kesehatan merupakan harta yang paling penting dalam hidup kita. Sekalipun orang kaya tapi mempunyai tubuh yang tidak sehat, maka nikmatnya hidup akan terasa kurang. Termasuk ketika makan, saat tubuh sakit makanan yang enak pun tidak terasa enak.

Kekurangan darah dapat menyebabkan penyakit  anemia, kata Anemia, sering disebut dengan penyakit kurang darah, penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, dan penyakit Anemia yang sangat berbahaya adalah penyakit anemia yang diderita oleh ibu hamil.

makanan penambah darah

Gambar hanya pemanis


Ciri-ciri penyakit anemia adalah sering terasa lelah badan atau capek-capek, sering terjadi pusing kepala mendadak, kondisi badan yang loyo (lesu) saat aktifitas, nah hal hal tersebut perlu di curigai karena bisa jadi semua itu adalah gejala awal terjadinya penyakit anemia.

Penyakit anemia hanya bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi obat-obatan penambah darah tapi juga bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu anda menambah darah dengan cepat seperti makanan yang mengandung banyak sekali zat besi.

Mengapa harus zat besi?
Karena di dalam zat besi mempunyai fungsi sebagai pembentukan hemoglobin yang berada dalam darah.

Ada banyak jenis penyakit anemia yang harus anda ketahui. Dikutip dari laman HaloSehat bahwa ada sekitar 10 jenis anemia yaitu:

  1. Anemia defisiensi B12
  2. Anemia defisiensi folat
  3. Anemia defisiensi besi
  4. Anemia karena penyakit kronis
  5. Anemia hemolitik
  6. Anemia aplastik
  7. Anemia megaloblastik
  8. Anemia pernisiosa
  9. Anemia sel sabit
  10. Talasemia

Dari 10 jenis penyakit anemia diatas diperlukan penanganan dan pengobatan yang berbeda. Jika anda menderita penyakit anemia, silahkan konsultasikan ke Dokter anda untuk mengenali jenis penyakit anemia yang anda derita.

Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Apa saja makanan yang bisa membantu anda menambah darah yang efesien dan cepat tersebut? nah inilah dia 4 macam makanan penambah darah yang dapat anda konsumsi sehari-hari.

Daging

Di dalam daging mempunyai dan kaya berbagai zat besi, daging juga dapat membantu anda menaikan  hemoglobin dalam darah dengan cepat, oleh karena itu mengkonsumsi daging yang mempunyai zat kadar akan lemak sangat kecil (rendah).

cegah anemia dengan makanan penambah darah

Daging


Namun disini anda juga perlu memperhatikan cara pengonsumsiannya, karana pengonsumsian daging secara berlebih juga dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung.

Baca Juga : Manfaat Susu Beruang

Sayur dan Buah-buahan Segar

Buah juga termasuk ke dalam makanan yang bisa membantu anda meminimalisir terjadinya penyakit anemia, Diantaranya banyak sekali buah-buahan yang berfungsi sebagai penambah darah tercepat adalah buah-buahan seperti: kismis, anggur, apel merah, dan masih banyak lagi buah-buahan penambah darah lainnya.

Tidak hanya buah saja yang dapat membantu anda menambah darah dengan alami dan efektif namun sayuran pun dapat juga menjadi alternative pilihan selanjutnya karena selain murah sayuran juga dapat mudah dijumpai di penjual sayur keliling, atau bahkan anda bisa menanamnya sendiri adapun sayuran tersebut adalah sebagai berikut: Ubi, kacang polong warna hijau, sawi, bayam, brokoli, kol, lobak, buah naga dll.

sayuran makanan penambah darah

Brokoli


Sayuran-sayuran tersebut sangat cocok untuk menambah darah dan efektif. terutama pada sayuran Ubi karena Ubi dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh kita.

Roti, Sereal dan Huvermut

Roti, Sereal dan Huvermut adalah jenis makanan sehri-hari yang bisa kita temui. Ternyata dari ketiga jenis Makan diatas sangat sangat berguna bagi anda untuk meningkatkan kadar zat besi yang terdapat dalam tubuh anda, sehingga ketiga makanan itu sangat manjur (top care) untuk pencegahan penyakit Anemia yang sangat berat.

roti makanan penambah darah

Roti


Dengan mengkonsumsi Roti, Sereal dan Huvermut tanpa sadar kita sudah mencegah penyakit anemia yang cukup berbahaya bagi tubuh kita.

Kacang Almond

Kacang almond merupakan kacang super yang menyediakan berbagai macam nutrisi yang penting untuk tubuh. Almond memiliki dua varietas yaitu almond pahit dan almond manis. Kacang Almond manis biasanya dijadikan camilan sedangkan kacang almond pahit banyak digunakan untuk industri dan biasanya diolah sebagaoi minyak kacang almond.

kacang almond makanan penambah darah

Kacang Almond


Jika anda menderita penyakit anemia, mengkonsumsi kacang Almond 1 ons secara teratur dalam setiap harian anda, itu sama halnya anda memberikan asupan kebutuhan 6% zat besi yang harus terpenuhi pada tubuh anda, oleh karena nya makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari supaya resiko Anemia dapat diminamilisir.

Video tentang Makanan Penambah Darah

Agar lebih mengenal lebih jauh makanan penambah darah yang alami, simak VIDEO TENTANG MAKANAN PENAMBAH DARAH dibawah ini :

Nah itulah sedikit pemaparan mengenai 4 macam Makanan Penambah Darah yang bisa sangat membantu anda dalam mengatasi kekurangan darah, semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan, salam sehat.

Tinggalkan Balasan