Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes Melitus – Sebelum saya memberikan tentang bagaimana untuk mengobati penyakit Diabetes secara alami, perlu diketahui bahwa penyakit diabetes melitus adalah Penyakit dimana seseorang mempunyai kadar gula dalam tubuh yang melebihi ambang batas keperluan tubuh.

Diabetes melitus sendiri, di Indonesia mempunyai beberapa nama, yaitu gula darah dan kencing manis . Penyakit ini juga adalah salah satu penyakit yang susah untuk disembuhkan,namun apa salah jika kita mencoba untuk mengobati.

Mengobati kencing manis ini juga dilakukan dengan dua versi yaitu alami dan kimia, secara kimia kita harus mengkonsumsi obat-obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit namun biasanya dengan cara ini juga bisa menyebabkan dampak negatif.

Nah disini saya akan memberikan tips trik sehat mengobati diabetes menggunakan tanaman obat yang alami dan terbukti dapat menurunkan gula darah. 

Cara Alami Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Dan berikut ini adalah beberapa tumbuhan atau tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan gula darah dalam tubuh:

Daun sirsak

Sirsak atau orang sunda menyebutnya nangka walanda adalah tanaman asli amerika dan bukan berasal dari belanda. Tanaman ini dikenal dengan daging buahnya yang putih dan mempunyai banyak serat serta rasa yang asam manis.

cara mengobati penyakit diabetes

Sirsak


Tahukah kamu bahwa daun sirsak dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati penyakit diabetes melitus?

Dikutip dari SahabatNestle kandungan gizi atau nutrisi penting yang terkandung dalam daun sirsak adalah Acetogenin, Adriamycin, dan Antioksidan.

Acetogenin adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Cara pengobatannya:

Ambil daun sirsak 10 lembar kemudian rebus daun tersebut dengan 3 gelas air mineral dan biarkan air menyusut hingga 1 gelas gelas saja, kemudian minum air rebusan daun sirsak itu 3 kali dalam sehari.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki khasiat untuk memperbaiki sel beta pada pankreas serta reseptor insulin sehingga kembali dapat beroprasi dengan baik.

Siapkan 2 buah mengkudu yang sudah masak lalu parutlah buah tersebut, kemudian tambahkan secukupnya air kapur jangan banyak-banyak. Lalu Aduk hingga merata. Langkah terakhir Peras Air parutan kemudian diminum.

Buah Labu Parang

Bagi Anda dengan penyakit diabetes melitus jangan khawatir meskipun Anda merupakan keturunan yang beresiko. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi labu parang yang mengandung zat saponin dan flavonoid.

Dua zat ini dipercaya mengurangi kadar darah setelah adanya penelitian di Universitas Gajah Mada yang menambahkan dosis saponin dalam seekor tikus nyatanya bisa menurunkan kadar gula dalam darah hewan itu.

Buah ini bisa kita gunkan untuk menurunkan dan mengobati penyakit diabetes, untuk itu diperlukan sekitar 400-800 gram buah labu parang yang sudah di ekstraksi untuk dimakan setiap harinya.

Mungkin anda suka : Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Dalam pengkonsumsinannya Juga dapat di konsumsi secara langsung maupun dikonsumsi dengan dihaluskan (diblender) terlebih dahulu.

Namun dalam pengkonsumsiannya jangan dimasak karna didalam buah labu parang terdapat saponin jika dimasak maka kadarnya kan berkurang.

Tumbuhan Brotowali

Siapkan sekitar 6 cm tumbuhan brotowali, kemudian cuci hingga bersih, setelah itu potong-potong brotowali. Langkah selanjutnya Tambahkan kira-kira sepertiga genggam Sambiloto dan sepertiga dari daun tumbuhan obat kumis kucing.

Lalu rebus semua bahan dengan tiga gelas air mineral sampai mendidih  dan hanya tersisa dua gelas saja. Minum rebusan herbal ini setelah makan.

Baca juga : Manfaat Jambu Monyet

Teh Hijau

Mengkonsumi teh hijau secara rutin dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Siapkan sedikitnya Satu sendok teh daun hijau kemudian seduh teh dengan air mendidih atau air panas, minumlah setiap habis makan.

Lidah buaya

Siapkan setidaknya 1 helai (lembar) lidah buaya lalu cuci dengan air hingga bersih bersih, buanglah  duri yang menempel pada lidah buaya, dipotong-potong kecil kecil, Rebus potongan lidah buaya kedalam tiga gelas air mineral dan biarkan hingga tinggal satu setengah gelas dan minum 3 kali sehari setelah makan.

cara alami mengobati penyakit diabetes

Lidah Buaya ( Aloe Vera )


Sebagai obat alami, tumbuhan atau tanaman diatas patut anda coba untuk membantu mencegah penyakit diabetes melitus yang anda derita.

Kandungan nutrisi atau gizi yang terkandung dipercaya membantu mengurangi gula darah dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Nah sampai disini dulu saya memaparkan bagaimana cara alami mengobati penyakit diabetes mellitus dengan cara alami, semoga bisa untuk bahan referensi dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan