Apa Itu Blog, Inilah Fungsi, Manfaat dan Jenisnya

Apa itu blog ? Apakah sama dengan website ? Ataukah keduanya beda? Mari kita simak beberapa penjelasan yang akan saya sampaikan.

Ketika orang bertanya ” Apa itu Blog ? ” ini suatu tanda bahwa mereka ingin mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan blog seperti pengertian blog, manfaat blog, jenis – jenis blog, sejarah perkembangan blog dan lain sebagainya.

Ok lah, untuk yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging ini bukan suatu masalah yang serius. Akan tetapi, bagi adek adek kita yang baru mengenal blog dari mulut ke mulut tentu akan kebingungan dan bertanya-tanya.

Saya bisa menebak, mereka tidak akan bertanya kepada pedagang telur puyuh di pasar atau pada tukang service AC keliling.

Mereka buka smart phone canggih mereka kemudian punya paket internet dan masuk ke google lalu mengetik query ” Apa itu blog “? dan ini hasilnya…..

apa itu blog

Anda sudah melihat query hasil penelusuran google dan itu lah yang dimaksud dengan blog.

Banyak sudah artikel yang dimuat dan ditulis oleh blogger professional yang membahas tentang blog. Dari hasil penelusuran terdapat sekitar 3.220.000 hasil (0,35 detik).. WOW.. FANTASTIS.

Ada 3 Juta lebih artikel yang membahas ” Apa itu Blog ” atau artikel serupa dengan itu dan itu cukup bagi anda untuk mengetahui dan memahami apa itu blog …

Tepatnya ada 18.500 artikel dengan judul yang sama….

…. dan AGAIndonesia.co.id adalah satu dari 3 juta itu.. MANTAP JIWA……….

Kita lupakan masalah 3 juta itu. Mari kita sejenak mengambil nafas yang dalam dan panjang.

Oh, jika anda sedang mencari segala sesuatu yang berkaitan dengan blog, anda sedang berada di tempat yang paling tepat..

DISINILAH TEMPAT YANG PALING TEPAT bagi anda untuk :

  1. Memahami Blog
  2. Monetize Blog
  3. Belajar NgeBlog
  4. Bisnis Blog
  5. Kaya dari Blog
  6. ….. dan sebagainya yang bau – bau blog…

YANG BENER OM?

Beneran bro… karena dalam kategori Tips NgeBlog ini saya akan membongkar rahasia ngeblog yang sukses. Saya akan membagikan pengalaman dan pengetahuan saya dalam dunia ngeblog..

Anda kenal Sugeng Riyadi owner sugeng.id, Mbak Indri pengelola Juragan Cipir atau Ian Susela pemilik omblogging ?

Mereka adalah salah satu dari blogger ter sukses di indonesia…..

Untuk kisah dan ulasan tentang mereka, saya tidak akan membahasnya disini.. lain kali saja kalau saya ingat..

Fokus saya adalah menyampaikan :

  1. Apa itu blog
  2. Fungsi Blog
  3. Manfaat Blog
  4. Jenis Blog

…. dan bab lain yang berhubungan dengan blog

Tapi untuk sekedar motivasi bagi anda, saya akan mengulas sedikit tentang mereka.. saya akan mencoba menghubungi salah satu blogger sukses tanah air.

dan hasilnya silahkan simak : Kiat Sukses Blogger ala OMBLOGGING.COM

Jika siap, mari kita kenalan…..

Apa itu Blog ?

Ini penting, sebelum anda memutuskan membuat blog yang sukses, mari kita ketahui apa itu blog. Dikutip dari Wikipedia bahwa yang dimaksud dengan blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web atau disebut web pages. Sumber : Wikipedia, Blog

Blog atau lebih tepatnya web log ( seperti lafaz bi’ismi yang disingkat jadi bismi dalam bismillah karena kemudahan pengucapan ) adalah aplikasi web, dan apa aplikasi web itu ?

Aplikasi Web ( Web Application atau WebApp ) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet.

Aplikasi web ini disusun oleh bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, JavaScript, Phyton, Ruby, ASP, Pascal dan lain-lain.

Aplikasi web ini hanya bisa diakses dengan menggunakan peramban web atau penjelajah web yang kemudian disebut browser. Nah, browser ini adalah pintu gerbang untuk semua aplikasi web yang ada didalam jaringan internet.

Contoh browser yang paling sering digunakan saat ini seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, dan yang terbaru dalah Vivaldi.

Aplikasi web hanya bisa diakses secara online atau daring dari seluruh penjuru dunia, akan tetapi juga bisa diakses secara offline dalam penyimpanan local ( tidak terhubung ke dalam jaringan ) dengan syarat harus terinstall aplikasi XAMPP di dalam komputer tersebut.

Jadi, untuk blog yang tergabung dalam jaringan internet hanya bisa diakses secara online oleh pengguna internet melalui browser.

Sejarah Singkat Blog

Dalam sebuah artikel yang dimuat di HubSpot yang ditulis oleh Amanda Zantal-Wiener berjudul A Brief Timeline of the History of Blogging dijelaskan tentang sejarah blog dari masa ke masa.

Saya akan menyampaikan sedikit sejarah blog ini, pada Tahap Awal Tahun 1994 – 1997. Pada tahap ini, tidak ada yang pasti siapa sebenarnya yang membuat dan menemukan blog.

Namun dalam beberapa catatan yang dimuat dalam jurnal New York Times Magazine bahwa pendiri blog pertama adalah Justin Hall yang membuat situs pertamanya links.net dan kemudian Hall dijuluki ” founding father of personal bloggers “.

Namun, ada yang berpendapat bahwa blog sebenarnya ditemukan pada tahun 1980 bersamaan dengan ditemukannya WWW ( World Wide Web ) yang ditemukan oleh Tim Barners – Lee yang lahir di London, Inggris pada 08 Juni 1955.

Lee berperan besar atas perkembangan internet saat ini dan karena penemuan Lee kita bisa terhubung dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia.

Kemudian, pada tahun yang sama Claudio Pinhanez membuat catatan pendek yang dia sebut sebagai ” Open Diary”.

Tapi baru pada bulan Desember 1997 istilah “weblog” mulai diperkenalkan.

istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger, pencipta website Robot Wisdom. Dia mempelopori istilah tersebut untuk menggambarkan “log” aktivitas internetnya dan ini dilakukan seperti yang dilakukan Hall pada tahun 1994.

Untuk selengkapnya anda bisa membacanya disini : A Brief Timeline of the History of Blogging

Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam. Menurut sumber yang saya baca, fungsi blog itu :

  1. Sebagai catatan harian
  2. Media publikasi dalam sebuah kampanye politik
  3. Sarana pemasaran
  4. Sarana penyampaian pendapat

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Manfaat Blog

Ngomong – ngomong soal manfaat blog, banyak dan bahkan terlalu banyak jika saya jelaskan 1 / 1 nya. Kita buat mudah saja, apa manfaat blog untuk kita dan bagi orang lain.

Blog sebagai sarana silaturahmi dan persaudaraan

Salah satu manfaat blog bagi seorang blogger adalah sebagai sarana silaturahmi dan persaudaraan. Saya tidak kenal si Anu ketika saya ngeblog akhirnya saya kenal si Anu dan akhirnya seperti saudara.

KOPDAR alias Kopi Darat adalah istilah yang cocok untuk disandingkan. KOPDAR adalah salah satu acara yang sering diselenggarakan oleh blogger untuk menjalin silaturahmi dan ngobrol-ngobrol.

Biasanya, untuk tiap daerah beda2 tempat nongkrong nya.. hehehee

Sebagai Sumber Pengetahuan

Secara pribadi, saya menemukan banyak sekali pengetahuan selama saya terjun menjadi seorang blogger. Hal-hal yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya saya menemukannya di blog.

Saya senang ketika mengetahui apa itu SEO, saya belajar SEO dan yang paling penting, saya tahu bagaimana menyampaikan sesuatu melalui tulisan.

Saya bisa menulis tentang sesuatu dari sudut pandang saya…

dan masih banyak lagi yang bisa saya lakukan

Tempat Berbagi

Berbagi tidak akan membuat kamu rugi justru dengan berbagi kamu akan menambah rezeki kamu.. di dalam sebuah hadits Muttafaq’Alaih dari Abu Hurairah disebutkan,

“Pancinglah rezeki dengan cara bersedekah.”

Surat al Zalzalah ayat 7- 8

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasanya) nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasanya) nya pula.”

Saya senang ketika orang berkata kepada saya ” Gan, terima kasih ya atas…………….”

Mengasah Kepintaran

Jadi blogger, jangan monoton anda harus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Tinggalkan cara – cara lama dan beralihlah pada cara – cara baru yang lebih modern…

Dengan ngeblog, kita dituntut mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat ini akan menguras otak anda dan anda akan terus belajar dan belajar…

Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat

Dan masih banyak manfaat lainnya

Tidak cukup sampai disitu sebenarnya manfaat blog. masih banyak dan silahkan anda telaah sendiri apa manfaat blog yang anda tahu..

Saya rasa sudah cukup saya menyampaikan apa itu blog dan segala sesuatu tentang blog. Jika saya menulis terlalu panjang anda akan bosan membacanya….

No Responses

Tinggalkan Balasan