Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

AGAIndonesia.co.id - Kopi adalah tumbuhan penghasil minuman yang paling banyak digemari di Indonesia. Minuman hasil biji kopi ini dikenal karena manfaat dan rasanya. Banyak yang beranggapan bahwa kopi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Manfaat kopi dapat dirasakan langsung saat pertama kali kita meminumnya.

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat kopi untuk/bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Baik itu di gunakan sebagai minuman pada saat santai atau dalam penggunaan lainnya yang berkaitan dengan manfaat/khasiat atau kegunaan kopi secara keseluruhan bagi kesehatan tubuh manusia.

Pada penjelasan beberapa kalimat atau paragraf berikut akan berisi beberapa khasiat dan efek samping kopi ketika dikonsumsi atau diminum. Antara lain manfaat kopi untuk kesehatan kulit dan kecantikan.
[caption id="attachment_288" align="aligncenter" width="534"]syarat mutu kopi syarat mutu kopi[/caption]
Intinya pada postingan ini akan diulas berbagai hal mengenai (biji) kopi, dan tentunya berkaitan dengan topik judul pembahasan. So, jangan terburu-buru untuk meninggalkan halaman ini.

Karena tidak menutup kemungkinan Anda selalu mengkomsumsi atau meminum kopi setiap hari tetapi kurang mengetahui beberapa gunanya dan kekurangan atau dampaknya terhadap kesehatan tubuh Anda.

Tetapi sebelum lebih jauh tentang topik pembahasan, tidak ada salahnya jika dipaparkan sedikit mengenai kopi (biji kopi) tersebut.

Misalnya pengertian dan bagian-bagian biji atau Struktur dari Buah Kopi, dan kandungan senyawa Nutrisi yang terdapat pada biji/buah kopi itu sendiri.

Rincian Dan Kandungan Biji Kopi
[caption id="attachment_271" align="aligncenter" width="630"]kandungan biji kopi Struktur Biji Kopi[/caption]
Kopi merupakan tanaman palawija yang umum ditanam di wilayah Indonesia pada khususnya, dan di berbagai Negara lainnya secara umum. Biji kopi merupakan hasil dari Tanaman Kopi itu sendiri dan diolah secara khusus sehingga bisa menjadi salah satu sumber minuman dari berbagai hasil olahan biji kopi tersebut.

Buah kopi pada umumnya mempunyai dua keping biji, dan ada juga buah hanya memiliki satu biji, nah buah yang hanya memiliki satu biji inilah dipercaya mempunyai rasa khas tersendiri dan rasa lebih baik dari buah yang memiliki dua biji.

Dari jenis kopi yang dikenal dan paling banyak ditanam atau dibudidayakan adalah jenis Kopi Robusta sebanyak 20 persen, dan Jenis Kopi Arabika sebanyak 75 persen. Dari segi kandungan kafein kedua jenis tersebut adalah:
[caption id="attachment_273" align="aligncenter" width="529"]kandungan gizi kopi Nutrisi Kopi[/caption]
Tanaman kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dan bahan ekspor utama di beberapa Negara sedang berkembang di Dunia.

Sebagai struktur dari buah/biji kopi yaitu memiliki kulit yang merupakan lapisan terluar, antara biji dengan buah ada juga disebut Kulit Tanduk, Biji kopi itu sendiri.

Bagian daging pada buah memiliki 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar mempunyai ciri yang lebih Keras dan Tebal, pada bagian Dalam seperti lender atau jel.


Biji atau buah kopi mempunyai beberapa kandungan nutrisi atau beberapa zat-zat senyawa lainnya yaitu:

manfaat kopi nutrisi kopi

Selain kedua gambar di atas berikut gambar nutrizi yang terkandung pada setiap 1 gelas kopi:
manfaat kopi kandungan kopi

Dari beberapa informasi diatas, dapat diketahui bahwa kopi mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Manfaat Kopi yang Wajib diketahui


Di beberapa tempat atau wilayah belahan dunia khususnya di Indonesia, kopi sudah banyak diolah untuk sebagai bahan minuman, dan bahkan di olah untuk perawatan kesehatan kulit terutama untuk perawatan kecantikan pada wanita.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai manfaat kopi, silahkan simak VIDEO MANFAAT KOPI dibawah ini !
https://youtu.be/dOUpHMMh5CE
Seperti salah satu nama olahan kopi luwak yang di Indonesia. Bukan hanya itu, misalnya saja di Nusantara Indonesia kita dapat menemukan begitu banyak jenis kopi dalam bentuk olahan, baik olahan yang sudah dikemas rapi dalam bungkus atau berbagai bentuk lainnya.


Nah, sekarang apakah Anda juga termasuk orang yang suka minum kopi? Dan bagaimana jika kita suka meminum kopi akan ada dampak positif dan negatifnya terhadap kesehatan?

Untuk menjawab semuanya itu, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui beberapa manfaat minum kopi terhadap kesehatan.

https://youtu.be/lSZ_56-KxVg

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dalam Bentuk Minuman



Kopi merupakan minuman atau makanan yang tidak dianjurkan untuk kesehatan, namun tidak sedikit penelitian mengenai kopi tersebut. Misalnya penelitian yang berlangsung selama kurang lebih 13 Tahun yang dilakukan National Cancer Institute pada sekitar 400 ribu orang dan dimuat dalam jurnal “New England Journal of Medicine” menyebutkan bahwa yang setia meminum kopi mempunyai resiko kematian dini sebanyak 16 % lebih rendah.

Selain itu kopi juga dapat menambah serat, karena di dalam satu gelas kopi mengandung serat setara 1,8 gram. Sedangkan serat yang dibutuhkan oleh tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yaitu 20 sampai 38 gram.

Banyak beranggapan bahwa minum kopi bisa meningkatkan kadar Hormon Stres di dalam tubuh dan kafein yang terdapat pada kopi dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Namun dengan berbagai anggapan atau ungkapan yang masih simpang siur, bahkan tidak sedikit menganggapnya sebagai mitos pada efek dan manfaat ketika minum kopi termasuk pada penjelasan berikut ini mengenai manfaat kopi pada kesehatan.

Catatan :


Anda harus memperhatikan (membatasi) penggunaan cream atau gula ketika membuat minuman kopi.




Manfaat Kopi Dapat Meningkatkan dan Mempertahankan Metabolisme Tubuh



Pada tahun 1980 sebuah studi telah dilakukan dan menemukan, mengemukakan bahwa pada orang normal, kafein yang ada pada kopi dapat merangsang metabolisme tubuh.

Sedangkan pada orang yang mengalami berat badan berlebihan (obesitas), dapat mengalami reaksi oksidasi lebih besar.

Pada penelitian lainnya menyatakan bahwa kafein kopi bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh sampai 3-11 persen, serta kafein juga dapat membakar lemak 10 persen pada orang dengan berat badan berlebih ( obesitas), sedangkan pada orang normal sebesar 29 persen.

Tetapi efek tersebut akan berkurang ketika seseorang mengkomsumsi kopi secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan pada studi penelitian tersebut bahwa meminum kopi dapat dan bisa membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan Anda.

Manfaat Kopi Dapat Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson



Penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2000 oleh JAMA, mengemukakan bahwa mengkonsumsi kafein atau kopi dapat meminimalkan resiko menderita penyakit Parkinson.

Selain penelitian tersebut, pada tahun 2010 sebuah studi yang telah dilakukan dengan hasil bahwa seseorang yang minum kopi 2 – 3 gelas per hari, dapat peluang sebesar 25 % lebih rendah untuk mengalami penyakit Parkinson. Penurunan tersebut disebabkan oleh dampak kafein pada kopi.

.....jadi

orang-orang peminum kopi bebas – tanpa kafein tidak mengalami penurunan resiko penyakit parkinson.

Sebagai tambahan info, penyakit parkinson yang paling dikenal adalah yang diderita oleh salah satu petinju kelas berat dan terbaik di dalam sejarah Dunia tinju yaitu MUHAMMAD ALI. Penyakit Parkinson ini sama halnya dengan penyakit Alzheimer yaitu untuk penyembuhannya belum diketemukan.

Kopi Mengandung Antioksidan yang Tinggi


Seperti kita ketahui, bahwa Antioksidan adalah sifat zat atau senyawa nutrisi yang berguna untuk melindungi sel-sel dari dampak radikal bebas yang merusak tubuh kita.

Edward Giovannucci adalah peneliti yang mencatat bahwa kopi mengandung lebih banyak AntiOksidan dibandingkan dengan beberapa buah-buahan dan sayuran. Sedangkan studi yang telah dilakukan pada tahun 2005 mengemukakan bahwa kopi merupakan sumber Antioksidan utama dalam pola makan bagi orang Amerika dan itu menempati posisi urutan pertama.

Manfaat Kopi Dapat Membantu Meningkatkan Performa Kinerja



Pada tahun 2008 sebuah penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa kafein bermanfaat bagi atlet. Manfaat kafein bagi atlet nampak pada saat sebelum latihan dalam bentuk (ketahanan) endurance dalam aktivitas tinggi jangka panjang.

Hal itu membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan, bahkan jika seorang atlet kurang tidur. Dengan catatan 1 jam sebelum latihan dilakukan, serta mengkomsumsi dosis dengan takaran tertentu. Seperti dosis 4 mg pada setiap berat badan (Kg).

Selain itu kafein juga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dalam jangka pendek, dan meningkatkan kinerja fisik sampai rata-rata 11-12 persen.

Sebagai tambahan informasi saja. Penulis juga merupakan orang yang suka kopi dan setiap hari selalu minum kopi secara terjadwal.

Terutama saat berlama-lama di depan komputer, kalau tidak minum kopi rasanya kepala pening dan jenuh. Biasanya, jika sudah seperti itu saya selalu minta dibuatkan kopi pada OB saya di Kantor dan semangat kembali menggebu.

Bisa Mengatasi atau Mencegah Encok



Benarkah kopi dapat mengatasi atau mencegah penyakit encok?

Sebuah studi yang telah dilakukan di tahun 2007 pada seorang peria berusia kurang lebih 40 tahun mengemukakan bahwa, meminum kopi dalam jangka panjang mengatasi resiko kondisi encok yang disebabkan oleh peradangan dan peningkatan kadar Asam Urat.

Meminum kopi regular atau kopi tanpa kafein bisa memberikan dampak positif. Mereka yang meminum kopi sebanyak 6 gelas (cangkir) setiap hari, memiliki resiko 60 % lebih rendah (terhindar) dari resiko encok.

Saya biasanya 3 gelas saja dalam 1 hari dan tidak pernah merasakan encok

Pada penelitian lain yang melibatkan kurang lebih 50.000 Pria mengemukakan bahwa Pria tersebut mengalami penurunan resiko terkena encok seiring konsumsi kopi yang meningkat.

Kopi Bisa Meningkatkan Energi dan Lebih Cerdas



Kafein yang terdapat di dalam kopi bisa menimbulkan efek rangsangan dan mengurangi rasa lelah. Dengan demikian kita bisa menjadi lebih energik dalam berbagai kegiatan dan mempengaruhi cara kerja pada otak terutama pada tingkat kesadaran.

Sehingga dengan beberapa efek yang dihasilkan seperti pengaruh pada pengurangan rasa lelah dapat membuat stamina tubuh tetap terjaga, ketika stamina terjaga otomatis otak tetap bekerja secara cerdas pula.


Studi pada tahun 2005 mengemukakan bahwa meminum kopi yang berkafein 2 gelas perhari dapat meningkatkan Memori dalam Jangka Pendek maupun Jangka Panjang, serta Kecepatan Reaksi.

Sedangkan penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa wanita usia 65 tahun atau lebih yang mengkomsumsi kopi minimal 3 gelas perhari mempunyai performa lebih bagus dalam hal tes memori, serta menunjukkan kemungkinan kurang mengalami penurunan dari pada mereka yang hanya minum 1 gelas perhari.

Dapat Mengurangi Meng atau mengatasi Resiko Diabetes Tipe 2



Salah satu masalah kesehatan terbesar di Dunia adalah penyakit diabetes, karena saat sekarang ini penderita diabetes berkisar kurang lebih 300 Juta di seluruh Dunia, (Data Diabetes Versi WHO).

Menurut salah satu dari beberapa riview dilakukan dengan peserta yang berjumlah 457.922 dengan 18 hasil mengungkapkan bahwa pada setiap gelas kopi dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe dua (2) sebesar 7 persen.

Baca juga : Manfaat Susu Beruang

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh pihak lain juga menunjukkan bahwa orang atau para penikmat kopi lebih kecil kemungkinan terkena diabetes (23-50 persen lebih rendah), dari pada orang-orang bukan penikmat kopi. Bahkan bisa sampai 67 persen penurunan resiko terkena diabetes tipe 2.

Kopi Bermanfaat Melindungi Dari Penyakit Alzheimer & Dimensia



Dibeberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi 65 persen (65%) lebih rendah bisa terkena resiko penyakit Alzheimer dari pada orang-orang yang bukan peminum kopi.

Tetapi pada intinya penyakit ini umumnya diderita oleh orang yang berumur lanjut yaitu mulai dari usia 65 tahun. Sebagai informasi tambahan bahwa obat penyembuhan Alzheimer sampai sekaran masih belum ditemukan.

Namun salah satu pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena (mengatasi) penyakit ini adalah dengan cara meminum kopi dalam takaran sewajarnya.

Manfaat Kopi dapat Mengatasi Resiko Terkena Beberapa Jenis Kanker



Khasiat kopi untuk mengurangi resiko terkena dari berbagai jenis kanker, terutama pada jenis kanker Usus Besar dan kanker Liver.

Dengan kata lain orang peminum kopi dapat mengurangi resiko dari penyakit kanker Usus Besar sampai 15 persen (15%) dan Kanker Liver sampai 40 persen (40%).

Kanker pada usus besar dapat diatasi dengan meminum kopi 1 – 3 gelas cangkir/hari, disertai dengan beberapa makanan yang kaya dengan vitamin dan berolahraga secara teratur. Sedangkan pada kanker liver dapat diatasi dengan mengkomsumsi/meminum kopi sebanyak 1 – 3 gelas/hari.

Karena dengan kopi radikal bebas penyebab tumbuhnya sel-sel kanker pada jaringan hati dapat dihindari. Dengan efek dari kafein kopi dapat meningkatkan enzim dan fungsi hati, sehingga mencegah pertumbuhan zel-zel yang tidak normal dan akan berubah menjadi zel-zel kanker.

Selain dari kedua jenis kanker tersebut, khasiat kopi juga dapat mengatasi jenis-jenis kanker seperti :

Kanker Payudaya (dibahas pada bagian paragrap berikutnya)Kanker Prostat (dibahas pada bagian paragrap berikutnya)Kanker Kulit (dibahas pada bagian paragrap berikutnya)Kanker Keturunan (dibahas pada bagian paragrap berikutnya)Tumor penyebab kanker (dibahas pada bagian paragrap berikutnya)

Jadi jangan cepat-cepat tinggalkan laman ini karena masih banyak penjelasan manfaat minum kopi yang ada pada bagian bawah ini, seperti manfaat minum kopi bagi pria dan wanita.

Tambahan lagi, orang peminum kopi 4 gelas atau lebih dalam satu hari memiliki 80 persen (80%) lebih kecil-rendah untuk terkena Sirosis Hati dari pada orang yang tidak konsumsi kopi.

Kopi Mengatasi Resiko Terkena Penyakit Stroke



Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang peminum kopi memiliki 20 persen (20%) lebih kecil/rendah untuk terkena penyakit Stroke. Tetapi efeknya terbilang kecil karena antara 3 – 4 mm/hg, dan akan menghilang jika Anda minum kopi secara rutin.

Meski dengan demikian, beberapa penelitian membantah tentang mitos mengenai orang peminum kopi akan meningkatkan resiko terkena penyakit hati.

Namun sebaliknya beberapa peneliti menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi mengalami lebih kecil akan terkena penyakit hati.

Kopi Dapat Membantu Anda Berumur Panjang



Ada beberapa Penelitian besar yang telah dilakukan dengan hasil mengemukakan bahwa peminum kopi dalam periode usia 18 sampai 24 tahun mengalami penurunan angka resiko kematian pada pria sebesar 20 persen (20%), dan wanita mengalami penurunan sebesar 26 persen (26%).

Setelah membaca beberapa poin di atas tentunya masuk akal jika kopi bisa membantu Anda untuk berumur panjang. Dengan alasan bahwa Anda bisa mengurangi beberapa penyakit berbahaya yang bisa membuat Anda tidak berumur panjang, seperti beberapa jenis penyakit kanker dan lain sebagainya. Serta beberapa zat yang bisa membuat daya tahan tubuh tetap fit, sehingga kesehatan juga tetap terjaga.

Kopi Berkhasiat Untuk Mengatasi Rasa Sakit



Masuk akal jika kopi bisa mengurangi rasa sakit, karena kopi mengandung kafein. Dengan efek kafein pada kopi, selain dapat meningkatkan energi-tenaga secara fisik, ternyata kopi juga dapat mengatasi nyeri otot setelah latihan olahraga. Untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri otot pada saat-pasca latihan, Anda cukup minum satu (1) gelas kopi sebelum latihan dimulai.

Hal tersebut sangat manjur apabila disertai beberapa bahan lain, misalnya dengan Jahe, Telur, dan beberapa protein bermafaat lainnya. Selain itu, minum kopi sebanyak 1 – 2 gelas setelah berolahraga bisa mengurangi rasa sakit otot sebesar 48 persen (48%).

Dapat Mengatasi Kelenjar Sekitar Kelopak Mata



Kopi banyak digunakan pada prodak kesehatan seperti prodak untuk diet dan lain sebagainya. Nah, pada ampas kopi dapat digunakan untuk melindungi kelenjar-kelenjar di sekitar Kelopak mata yang bisa menyebabkan kebutaan. Selain itu ampas kopi juga banyak digunakan untuk mengatasi kelopak mata berwarna hitam, mata bengkak.

Untuk penggunaan ampas kopi pada kelopak mata dengan tujuan menghilangkan bengkak dan warna hitam, Anda cukup melakukannya dengan cara berikut ini :

  1. Oleskan ampas kopi pada bagian-daerah kelopak mata yang di kehendaki (bagian bengkak, berwarna hitam) sambil menggosok-gosoknya dengan hati-hati.


  2. Setelah itu diamkan bebrapa menit atau kurang lebih 15-20 menit agar ampas kopinya bekerja dengan maksimal. Kemudian setelah 15 menit atau 20 menit dan biasanya ampas sudah mengering, silahkan bersihkan dengan air bersih untuk membersihkan ampas kopi yang tersisa pada wajah.



Kopi Bermanfaat Membantu Menurunkan Berat Badan



Berbagai produk kesehatan pengobatan atau suplemen yang digunakan untuk penurun berat badan sebagian besar mengandung kafein. Dengan mengkonsumsi kopi yan mengandung kafein dapat membantu dalam menekan peroses nafsu makan. Meskipun dengan demikian beberapa zat cairan yang hilang akan tetap harus digantikan demi kebutuhan kehatan tubuh lainnya.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih

Dalam penggunaan berbagai produk suplemen kesehatan harap-harus penggunaan dengan resep dokter agar tidak terjadi gangguan kesehatan lainnya.

Kopi Dapat Mengatasi Batu Empedu



Penelitian para peneliti pada tahun 2002 yang telah dilakukan oleh Harvard, membuktikan bahwa penyakit Batu Empedu dapat dicegah sebesar 25% dengan manfaat kopi, yaitu kopi tanpa cream dan gula. Setidaknya resiko terkena penyakit batu empedu bisa dikurangi dengan cara meminum kopi antara 3 – 4 gelas perhari.

Baca juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Selain itu kopi tanpa gula dan cream manfaatnya sangat besar, seperti mencegah tumbuhnya berbagai zel-zel kanker yang ada di dalam tubuh, dalam artian mencegah berkembangannya lebih lanjut.

Misalnya zel-zel Kanker Hati, Kanker Payudara, Kanker Prostat, dan beberapa penyakit lainnya yang ada kaitannya dengan Penyakit Obesitas, Insulin, dan Estrogen.

Mengatasi Tumbuhnya Tumor



Penikmat kopi dengan meminum 1-3 gelas setiap hari mendapat peluang lebih besar untuk menekan laju perkembangan akar tumor ganas yang akan tumbuh menjadi kanker di dalam tubuh dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Selain hal itu, juga sangat bermanfaat bagi orang yang telah melakukan operasi kecil, karena setelah melakukan operasi dengan minum kopi tidak harus khawatir lagi dengan tumbuhnya kembali tumor. Karena dengan efek kopi pertumbuhan atau perkembangan zel-zel tumor sangat kecil bisa berkembang lagi.

Kopi Mengatasi Resiko Terkena Kanker Keturunan



Kanker keturunan sebenarnya adalah penyakit warisan, karena orang yang berpotensi terkenan kanker keturunan yaitu orang yang mempunyai riwayat-genetik penyakit tersebut apakah itu dari kedua orang tua, atau bahkan hanya salah satu dari keduanya mempunyai riwayat keturunan penyakit kanker.

Nah, pada orang yang mempunyai riwayat tersebut harus lebih berhati-hati dalam berbagai mengkonsumsi makan agar tidak terkena yang namanya penyakit keturunan.

[caption id="attachment_289" align="aligncenter" width="630"]manfaat kopi bagi wanita manfaat kopi bagi wanita[/caption]
Tetapi dengan meminum kopi yang mengandung zat kafein, penyakit itu dapat teratasi atau paling tidak mengurangi. Karena dengan zat kafein pada kopi bisa mempertahankan daya ketahanan tubuh dari berbagai jenis penyakit kanker sebagaimana yang telah disebutkan pada poin-poin di atas. Namun dengan kapasitas yang masih tegolong jumlah wajar dalam penggunaannya.

Dapat Mengatasi-Menangkal Kanker Kulit



Kanker kulit biasanya lebih berpotensi dan cendrung dialami oleh orang-orang yang sering terkena sinar Ultra Violet secara berlebihan. Jenis kanker kulit tersebut adalah Non Melanoma. Nah dengan minum kopi sebanyak 1-3 gelas setiap hari, maka dengan kandungan kafein pada kopi, zel-zel kanker ganas yang bisa menimbulkan kanker kulit dapat diatasi dan bahkan dapat menghancurkan atau merusak zel-zel pemicu berkembangnya kanker kulit.

Khasiat-Manfaat Kopi Khusus Bagi Pria



Penelitian dari salah satu universitas Texas (University of Texas) yang telah dilakukan oleh para penelit sebagaimana yang dilansir girlfromcelebesonline.com Form The Mirror, mengatakan bahwa kafein dapat memicu efek yang membuat Arteri Penis menjadi rileks serta dapat meningkatkan aliran darah keseluruh area penis.

Itu berlaku bagi orang yang meminum/mengkonsumsi kafein sebanyak 171 mg – 303 mg, dengan kalkulasi kurang lebih 39% kemungkinannya untuk terkena Disfungsi Ereksi.


Laki-laki yang minum kopi sebanyak 2-3 cangkir perhari sama dengan mengkomsumsi kafein 85 mg – 170 mg, dan mempunyai resiko 42% lebih rendah/kecil kemungkinan untuk terkena/mengalami Disfungsi Ereksi, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkomsumsi kafein.


Manfaat kopi yang bisa mengatasi berbagai masalah seperti yang disebutkan di atas dan menghilangkan-mengatasi pusing, memperlancar siklus peredaran darah, ternyata kopi juga sangat bermanfaat untuk peningkatan kesuburan bagi pria, dan bisa membuat sperma lebih cepat berenang untuk proses pembuahan di luar Rahim serta menjaga kualitas sperma itu sendiri.


Hasil penelitian tersebut diperoleh dari pria yang berjumlah kurang lebih 4.000 orang, dengan catatan sekitar 24 jam penggunaan/komsumsi kopi.

Hal itu juga dibuktikan oleh para (kelompok) peneliti dari Universitas Sao Paulo di Brasil. Serta hasil penelitian mereka telah diterbitkan di dalam jurnal hasil Konferensi American Society for Reproductive Medicine, di Wilayah San Antonio.


Sedangkan penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas di New York Amerika Serikat (State University of New York), menyebutkan bahwa kopi terbukti jauh lebih bagus dari pada g4n*a dalam memperpendek Umur Sperma, Gangguan Ereksi, serta berpotensi menurunkan tingkat kesuburan secara Signifikan.


Salah satu dari manfaat kopi untuk pria adalah dapat mengatasi kanker prostat, dan merupakan salah satu manfaat kopi untuk mencegah prostat secara alami untuk pria dewasa.

Untuk memperoleh manfaat tersebut dapat dilakukan dengan cara meminum kopi sebanyak 1-3 gelas cangkir setiap hari. Namun harus diimbangi dengan pencegahan lainnya, misalnya dengan berolahraga secara teratur dan mengubah pola hidup secara sehat terutama pola makan yang sehat.

Manfaat Kopi Bagi Wanita



Bagi sebagian atau kebanyakan orang meminum kopi sudah merupakan komsumsi atau minuman pokok setiap harinya yang sangat besar manfaatnya untuk kesehatan.

Selain beberapa manfaat kopi yang telah disebutkan di atas, ternyata kopi juga sangat bermanfaat untuk beberapa kesehatan bagi wanita. Beberapa manfaat atau khasiat kopi untuk wanita adalah sebagai berikut :

Dapat Mengatasi Depresi



Penelitian yang dilakukan oleh Harvard, dan dipublikasikan kepada publik pada tahun 2011, menyatakan bahwa wanita minum kopi setiap hari memiliki peluang 20 persen (20%) lebih kecil untuk mengalami atau terkena depresi, paling tidak meminum kopi sekurang-kurangnya 3-4 cangkir setiap hari.

Hal tersebut merupakan salah satu dari manfaat minum kopi pahit-hitam untuk kesehatan, seperti yang di ungkapkan pada hasil penelitian Harvard, di tahun 2011 tersebut (Laporan dalam Archives of Internal Medicine). (Konsultasikan Dengan Dokter)

Pada penelitian lain yang dilakukan secara terpisah mengemukakan bahwa mereka yang minum kopi 4 gelas atau lebih perharinya memiliki peluang 53 persen (53%) lebih kecil untuk bunuh diri dibandingkan dengan orang yang tidak mengkomsumsi kopi perhari.


Depresi biasanya paling banyak dialami oleh wanita karena diperoleh dari berbagai kegiatan sehari-hari. Sehingga beberapa study menemukan bahwa wanita yang minum kopi setiap hari dalam takaran sewajarnya dapat mengurangi terjadinya depresi minimal 10%, dari pada yang tidak mengkomsumsi kopi sama sekali. Hal tersebut dikarenakan efek dari kafein, namun meskipun kafein dapat ditemukan pada soda.

Tetapi peneliti tidak menemukan hubungan yang signifikan untuk menurunkan depresi, sebab kandungan gula pada soda terlalu tinggi.

Jadi untuk memperoleh manfaat kopi untuk depresi, sebaiknya penggunaan gula pada kopi harus dikurangi.

Mengatasi Stres & Putus Asa



Aroma pada kopi dipercaya memiliki peranan dalam mengurangi-mangatasi stres sebab dapat memicu aktivitas Gen dalam melindungi beberapa sel saraf. Wanita yang meminum kopi Maksimal 2 gelas sehari dapat mengurangi resiko putus asa yang pada akhirnya akan berakibat bunuh diri.

Dapat Digunakan Untuk Berbagai Perawatan-Kecantikan Kulit



Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai masalah penampilan kulit, seperti Mata panda atau lingkaran gelap menghiasi di bagian bawah mata pada kelopak mata dapat diatasi dengan menggunakan kopi bubuk, dengan cara mengkompresnya dari bahan kopi bubuk yang telah dicampurkan dengan air putih bersih secukupnya.

Cara tersebut sangat ampuh untuk digunakan karena kandungan kafein yang diperoleh dari kopi. Hal tersebut merupakan solusi yang sangat ampuh untuk mengatasi mata panda Anda jika dilakukan dengan perawatan secara teratur dan konsisten.

Kopi juga sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit lainnya, seperti mengatasi jerawat, penuaan dini, dengan cara membuat masker dari bahan biji/bubuk kopi, dan menambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau secukupnya, hanya untuk campuran saja.


Kafein pada kopi juga dipercaya memiliki manfaat untuk rambut, baik untuk rambut rontok ataupun untuk pertumbuhan rambut. Manfaat kopi untuk rambut ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan-mencuci rambut lalu dibilas denga air seduhan kopi, setelah menunggu beberapa menit kemudian barulah dibersihkan dengan air bersih. Serta kafein pada kopi juga diyakini bisa memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.


Selulit merupakan salah satu penyebab kekhawatiran para wanita, akan tetapi dengan kandungan kafein di dalam kopi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah selulit tersebut, dengan cara kopi bubuk dijadikan sebagai masker/scrub pada area yang berselulit, lalu memijatnya dalam waktu beberapa menit sebelum membersihkannya.

Cara tersebut tidak hanya mengatasi penumpukan lemak, tetapi sel-sel kulit mati juga ikut teratasi dengan scrub kopi bubuk tersebut.

Dapat Menekan Pertumbuhan Kanker Payudara



Kopi dapat mengatasi kanker payudara dengan cara meminum kopi sebanyak 1-3 gelas perhari. Karena wanita minum kopi bisa meningkatkan efek-kinerja obat Tamoksifen yang pada umumnya dikomsumsi si penderita dengan dasar rekomendasi Dokter terkait.


Hal itu ditunjukkan pada sebuah penelitian-study pada tahun 2008 di Swedia, menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi minimal 2-3 gelas perhari bisa menunda atau mengurangi timbulnya penyebab kanker payudara. (Konsultasikan Dengan Dokter)


Dalam mengatasi-penyembuhan kanker payudara tentunya lebih bagus jika dilakukan dengan berbagai pencegahan, terutama dari segi makanan pencegah kanker dan antisipasi atau pencegahan untuk terjadinya kanker payudara sejak dini.

Kesimpulan



… Nah, mengenai berbagai manfaat kopi yang telah disebutkan tidak harus berpatokan pada jenis kopinya. Apakah itu jenis kopi Arabika atau jenis kopi Robusta, kedua jenis kopi tersebut mempunyai manfaat yang sama untuk kesehatan. Namun kopi tidak bermanfaat untuk kesehatan bagi semua orang.


Selain hal itu, jika mengkonsumsi kopi dalam takaran secara berlebihan bisa menghilangkan berbagai manfaat yang telah disebutkan, karena dampak kafein yang dikonsumsi dalam jumlah besar.

Walaupun berbagai penjelasan dan beberapa alasan di atas, para peneliti tidak lupa untuk mengingatkan bahwa meminum kopi lebih dari 4 gelas-cangkir setiap hari akan tetap merugikan kesehatan Anda.

Namun sebagai salah satu saran adalah minumlah kopi dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, atau pada umumnya adalah minum sampai 2/3 gelas kopi perhari demi untuk mendapatkan manfaat kopi dan agar terhindar dari berbagai permasalahan kesehatan lainnya kerena akibat efek dari kafein yang berlebihan.

Sedangkan mengenai beberapa efek samping minum kopi terhadap kesehatan (efek samping kafein untuk kesehatan) akan dibahas tersendiri pada postingan lainnya.

2 Responses to "Manfaat Kopi Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel