Kenapa Air Laut Berwarna Biru ? Inilah Penyebabnya

Kenapa air laut berwarna biru? Anda tahu jawabannya ? Kalau masih belum tahu, mari kita sama-sama cari tahu apa yang menyebabkan air laut berwarna biru.

Biru laut atau orang menyebutnya SIAN adalah warna dengan kode hex #00FFFF atau RGB ( 0, 255, 255) yang biasa digunakan sebagai kode warna html untuk desain template website.

Laut menyimpan berbagai keunikan dan keindahan yang tidak akan habis kalau dibahas. Banyak sekali manfaat dari penciptaan laut oleh Allah SWT.

Orang bisa kaya dari hasil laut, orang bisa bersenang-senang di pinggir laut ( pantai ), dan orang juga takut dengan laut.

takut tiba-tiba meluap.. hehee

Anda masih ingat bencana Tsunami di Aceh? Saat itulah air laut mencoba menengok daratan dan banyak sekali korban jiwa yang berjatuhan.

Biru Laut adalah warna kesukaan saya dan warna biru juga mendominasi seluruh warna yang ada di bumi. Dominasi ini jelas terlihat dari luasnya lautan dan birunya langit ( bukan lagu )..

kenapa air laut berwarna biru

Selain pertanyaan kenapa air laut berwarna biru, banyak juga yang bertanya mengapa air laut asin? jika anda tidak percaya cek aja di google

Penyebab Kenapa Air Laut Berwarna Biru


Kita tidak serta merta dapat mengatakan bahwa air laut itu berwarna biru. Ini untuk meluruskan anggapan bahwa banyak orang mengatakan bahwa air laut berwarna biru.

Sejatinya, warna air laut adalah jernih, bukan biru.

Warna biru pada air laut adalah ilusi optik dan tipuan semata.

Ada dua teori yang selama ini berkembang tentang penyebab kenapa air laut berwarna biru. Teori tersebut masing-masing mempunyai alasan kuat yang menyebabkan air laut berwarna biru yaitu:


  1. TEORI FISIKA


  2. TEORI BIOLOGI



Dua teori atas jawaban kenapa air laut berwarna biru ini sampai sekarang masih dipercaya sebagai salah satu fakta sains yang tak terbantahkan.

Penyebab Warna Laut Biru dikaji dari sisi Fisika


Dalam tinjauan fisika, kenapa air laut berwarna biru dijawab dengan teori pembiasan cahaya dan pemantulan. Sifat cahaya tidak bisa berbelok tapi dapat dibelokan. Cahaya adalah gelombang transversal dan cahaya juga adalah gelombang elektromagnetik.

Cahaya selain gelombang juga sebagai nama orang, Cahaya Putri Utami... Just Kidding

Kenapa air berwarna biru dijawab oleh fisika dalam teori pembiasan cahaya. Berikut penjelasan ilmiah nya :

1. Jenis Cahaya


Cahaya menurut jenisnya dibedakan kedalam dua bagian yaitu cahaya yang tampak dan cahaya yang tidak tampak.

Cahaya tampak dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu monokromatik dan polikromatik.

Cahaya Monokromatik adalah cahaya yang terdiri dari satu warna saja, contohnya cahaya merah, cahaya biru

Sedangkan Cahaya Polikromatik adalah cahaya yang terdiri dari beberapa warna. Contoh cahaya polikromatik adalah ungu yang merupakan gabungan antara warna merah dan warna biru.

2. Sifat Benda


Sifat benda ada dua yaitu Benda yang tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri disebut benda gelap dan benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sebagai sumber cahaya.

Kita tahu, bahwa matahari adalah sumber cahaya alami yaitu benda yang bercahaya sendiri tanpa ada campur tangan manusia.

Sifat dari cahaya alami ini adalah merambat ke segala arah.
Pembiasan Cahaya dan Pemantulan Cahaya

Dalam bab cahaya, ada dua peristiwa yang sangat berhubungan erat dengan penyebab kenapa air laut berwarna biru yaitu pembiasan cahaya dan pemantulan cahaya.

Pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan cahaya yang merambat dari satu medium ke medium lainnya yang berbeda kerapatannya.

Pemantulan cahaya adalah peristiwa memantulnya cahaya ketika mengenai suatu benda yang dapat memantulkan cahaya ( bukan benda gelap )

Laut adalah kumpulan air yang sangat banyak yang terkumpul di bumi. Laut adalah pemisah antara daratan satu dengan daratan lain, dan antara benua satu dengan benua yang lain.

Matahari sebagai sumber cahaya bersifat polikromatik yaitu cahaya putih. Cahaya putih yang dipancarkan matahari terdiri atas semua warna baik primer maupun sekunder dalam spektrum. Tiap warna dibedakan dari tingkat penebaran dan penyerapan cahaya masing- masing.

Ketika cahaya matahari menyentuh air laut, sebagian di antaranya diserap sedangkan sisanya ditebarkan ke semua arah sehabis bertumbukan dengan air.

Ketika cahaya matahari menyentuh air yang jernih, cahaya merah dan inframerah terserap dengan cepat sedangkan cahaya biru agak lambat.

Dalam teorinya Curtiss O. Davis yang merupakan ilmuwan di Jet Propulsion Laboratory California Institute of Technology, mengatakan
"Hanya cahaya biru kehijauan dapat ditransmisikan ke dalam, kemudian ditebarkan, dan ditransmisikan kembali ke luar dari air tanpa diserap."

Pada waktu cahaya mencapai bagian laut dengan kedalaman 18 meter sebagian besar cahaya merah telah terserap.

Air Laut Dapat Menyerap Cahaya

Dalam studinya National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengatakan bahwa laut berwarna biru disebabkan oleh sifat air laut yang dapat menyerap cahaya matahari.

Ketika sinar matahari mengenai permukaan laut, air laut menyerap gelombang panjang berwarna merah di spektrum cahaya.

selain gelombang pendek- termasuk warna ungu dan ultraviolet.

Sedangkan cahaya lain yang terlihat kebanyakan berbentuk gelombang cahaya biru. Seberapa biru air laut tergantung pada seberapa banyak laut itu dapat menyerap cahaya.
kenapa air laut berwarna biru 2
Sebagai contoh, air di dalam gelas terlihat sangat jernih karena tak ada molekul air yang cukup untuk menyerap cahaya. Sedangkan di dalam laut, semakin dalam kita menyelam, semakin biru warna yang terlihat.

Hal itu terjadi lantaran molekul air menyerap terlebih dahulu cahaya inframerah, merah, dan ultraviolet, kemudian kuning, hijau, dan ungu. Menurut NASA, cahaya biru yang diserap paling akhir dapat menembus air laut hingga dalam.

Penyebab Warna Laut Biru dikaji dari sisi Biologi


Dikaji dari sisi biologi, penyebab warna biru pada air laut adalah karena adanya mikro organisme yang terdapat di lautan.

Mikroorganisme ini membantu memantulkan cahaya dan menyebarkannya ke segala arah. Ganggang dan sedimentasi adalah penyebab utamanya.

Namun, dalam teori lain disebutkan bahwa warna biru pada air laut adalah refleksi dari warna langit. Apakah ini sepenuhnya benar? Ya, tetapi hanya memegang peranan kecil saja

Kesimpulan Air Laut Berwarna Biru


Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan kenapa air laut berwarna biru disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor fisika dan faktor biologi.

Ditinjau dari sisi fisika, penyebab air laut berwarna biru adalah :

  1. Karena adanya pembiasan cahaya


  2. Karena adanya pemantulan cahaya


  3. Air laut mampu menyerap cahaya dan menyebarkannya ke segala arah


  4. Sifat cahaya merah yang bergerak cepat dibanding gelombang cahaya biru menyebabkan air laut berwarna biru.





Ditinjau dari sisi biologi, penyebab air laut berwarna biru adalah :

  1. Adanya mikro organisme yang mampu menyebarkan cahaya matahari yang masuk dan menerpa air laut


  2. Mikro organisme tersebut selain mampu menyerap cahaya juga mampu membiaskan cahaya





Demikian artikel tentang kenapa air laut berwarna biru ini saya sampaikan, semoga menyesatkan anda. Hehehee...

0 Response to "Kenapa Air Laut Berwarna Biru ? Inilah Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel