Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirih adalah tanaman merambat yang khas dengan ragam khasiat atau manfaat. Khasiat atau manfaat daun sirih tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sebelum masuk pada pokok tulisan tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan, marilah kita mengenal tanaman ini lebih dekat lagi. Istilah kuno mengatakan tak kenal tak kau sayang.

.... mari kita kenalan...

Manfaat DaunSirih



Sirih ( Piper Betle : Latin ) adalah tanaman khas indonesia yang sejak dulu dikenal mempunyai manfaat yang sangat banyak. Daun sirih memiliki bau yang khas dengan rasa yang agak pedas. Rasa pedas tersebut dikarenakan daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri.
manfaat daun sirih
Sirih dapat tumbuh liar dengan merambat pada pohon - pohon lain. Di daerah saya, sirih biasanya ditanam di dekat pohon randu dan daunnya sangat lebat berbentuk love tapi agak panjang.

Tanaman yang dimanfaatkan daunnya ini merupakan tanaman obat dan masyarakat sunda memanfaatkan sirih untuk NYEUPAH. NYEUPAH adalah istilah orang sunda untuk budaya mengunyah daun sirih dan biasanya dimakan bersama gambir, kapur, malam ( Red : Sunda untuk sarang lebah madu ) dan pinang. Bukan hanya masyarakat sunda yang memiliki budaya mengunyah sirih, sebagian rumpun melayu makan sirih adalah budaya yang masih lestari sampai saat ini.

Selain sebagai tanaman obat, Sirih juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias terutama di perkotaan dan biasanya sirih merah.
https://youtu.be/jZXl91tdj1Q
Jadi, sirih memiliki ragam manfaat yang diperlukan oleh tubuh manusia....

Budidaya Sirih


Sirih dapat dibudidayakan sebagai tanaman yang mempunyai nilai ekonomi. Tanaman Sirih dapat tumbuh baik di ketinggian 300 mdpl dan memerlukan tanaman lain sebagai sandaran karena sirih merupakan tanaman merambat.

Teknik budidaya tanaman sirih dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu :

  1. Teknik Stek,


  2. Teknik Merunduk, dan


  3. Teknik Stek Air



Menanam Sirih dengan Teknik Stek


Teknik stek adalah teknik yang paling banyak digunakan untuk menanam sirih. Teknik ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Cara Menanam Sirih dengan Teknik Stek:
Bahannye

  • Polybag


  • Tanah


  • Pupuk Kompos


  • Pasir


  • Furadan ( 1 Sendok untuk tiap takaran )


  • Bibit Sirih ( 10 cm )


Cara buatnye :


Campurkan tanah, pupuk kompos, pasir dan furadan dengan komposisi 3:1:3. Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam polybag yang sudah disediakan kemudian masukan bibit sirih sebanyak dua bibit untuk tiap satu polybag. Siram secara rutin.


Menanam Sirih dengan Teknik Merunduk


Cara tanam teknik merunduk merupakan yang paling simple. Pasalnya, dalam teknik ini tidak dibutuhkan tanaman lain sebagai inang. Tanaman sirih yang merambat dipotong secara berkala sehingga tidak menjalar kemana mana. Sirih Merah biasanya ditanam menggunakan teknik ini.

Menanam Sirih dengan Teknik Stek Air


Air dapat dijadikan media semai sebelum di pindahkan ke media tanam berupa tanah. Potonglah batang sirih yang sudah tua kemudian masukkan ke dalam ember yang diisi air. Tunggu hingga akar tumbuh dan pindahkan ke media tanah setelah akar tumbuh.

Kandungan Daun Sirih


Sebagai tanaman herbal, Daun sirih mengandung minyak atsiri yang kaya akan manfaat. Minyak Atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih mengandung :

minyak terbang (betIephenol)
seskuiterpen
pati
diatase
gula
zat samak
kavikol


Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh


Banyak sekali manfaat daun sirih yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat daun sirih ini sudah dikenal sejak nenek moyang dulu.

Khasiat atau manfaat daun sirih sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak bukti-bukti yang mendukung bahwa daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat luar dan obat dalam. Untuk obat luar, daun sirih dapat langsung digunakan saat kita terluka dan mengeluarkan darah. Kunyah daun sirih dan tempelkan pada tubuh yang tergores atau terluka, tekan agak lama sampai pendarahan berhenti.

Manfaat Daun Sirih sebagai Obat Luar


Selain menghentikan pendarahan sebagaimana telah saya sebutkan diatas, manfaat daun sirih yang lain adalah :

  1. Menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

  2. Menyembuhkan luka pada kulit seperti eksim, koreng, mimisan, sakit mata

  3. Bahan aktif fenol dan kavikol yang terkandung didalam daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

  4. Mengobati jerawat

  5. Menghilangkan gatal gatal

  6. >Manfaat daun sirih Bagi wanita, daun sirih dapat dijadikan obat keputihan dan bikin singset atau kesat ( ehm.... khusus dewasa )




Manfaat Daun Sirih sebagai Obat Dalam


Untuk pengobatan dalam, daun sirih direbus dan kemudian air rebusan nya diminum secara rutin. Berikut manfaat daun sirih yang akan anda dapatkan :


  1. Mengatasi gangguan saluran pencernaan


  2. Mengatasi bau mulut


  3. Demam berdarah


  4. Asma


  5. Radang tenggorokan


  6. Batuk


  7. Sariawan


  8. Bronchitis



Ternyata, manfaat daun sirih untuk kesehatan sangat banyak ya..?

Apa Kata Dokter tentang Manfaat Daun Sirih?


Dikutip dari CNNIndonesia, Dokter Enrina Diah mengatakan bahwa daun sirih mempunyai efek samping terhadap kesehatan terutama untuk pemakaian luar.

Baca Juga : Manfaat Susu Beruang Untuk Wajah

Menurut dokter kecantikan Enrina Diah, daun sirih membuat vagina jadi kering. Tidak sedikit perempuan yang menilai daun sirih dapat menghilangkan keputihan dan menghilangkan rasa gatal pada vagina. Biasanya, mereka akan merebus daun sirih dan menggunakan rebusannya itu di daerah kewanitaan.

Keringnya vagina akan mengubah kadar keasaman (ph) yang sudah semestinya. Perubahan ph justru dapat memicu tumbuhnya kuman di sekitar vagina. Hal itulah yang membuat vagina jadi tidak bersih dan wangi seperti yang diharapkan.


Sumber : CNNIndonesia

Pernyataan Dr. Enrina Diah diatas sebenarnya jika pengobatan dilakukan secara berlebihan. Toh ada lho produk kecantikan yang memakai daun sirih sebagai bahan utama..

Ayo tebak???.....

Demikian artikel manfaat daun sirih ini disajikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Bagikan artikel ini jika anda suka, sebarkan budaya berbagi. Terima kasih

4 Responses to "Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Manfaat daun sirih ternyata seperti itu?

    ReplyDelete
  2. Begitulah manfaat daun sirih yang bisa didapatkan..

    ReplyDelete
  3. […] buah naga hampir sama dengan manfaat daun sirih yaitu sebagai antioksidan. Konsumsi rutin buah naga membantu detoksifikasi yaitu proses pengeluaran […]

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel