Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Naga - Halo Warga Indonesia, ketemu lagi dengan Budi Permana orang dibalik akan suksesnya blog AGAIndonesia.co.id. Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang Buah Naga yaitu manfaat buah naga untuk Kesehatan dan Kecantikan dan masih dalam kategori ragam manfaat.

Ini merupakan kesempatan yang baik bagi saya untuk berbagi tentang tips kecantikan dan kesehatan. Ya, tips yang selalu dicari-cari oleh netizen terutama kaum hawa yang ingin selalu tampil cantik..

Siapa sih yang tidak ingin terlihat cantik dan siapa juga yang ingin sakit. Gak bakalan ada terkecuali orang itu lagi ada kesalahan di jaringan persyarafannya.

Sebelum saya mengulas lebih jauh tentang manfaat buah naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan anda, mari kita kenalan dulu sama buah yang satu ini.

Asal Usul atau Sejarah Buah Naga


Jika ditelusuri ternyata buah naga bukan berasal dari Asia melainkan berasal dari Benua Amerika. Suku maya menamakan buah naga dengan sebutan Pitahaya atau Buah Pitahaya.

Abad 13 orang-orang prancis membawa buah ini ke Vietnam dan sangat baik berkembang disana sebagai tanaman hias. Di Vietnam, rata-rata per 1 hektare menghasilkan buah naga sebanyak 20 - 25 ton.

Asia Tenggara adalah wilayah yang cukup baik untuk pertumbuhan Buah Naga. Di Malaysia, buah naga pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 dan di Vietnam buah naga ini sudah dibudidayakan sejak lama.

Varietas Buah Naga


Berdasarkan hasil survey saya secara online dengan mencari data-data tentang keberadaan buah naga ini, maka ditemukan bahwa buah naga atau pitaya ini memiliki 4 varietas yaitu :

Varietas Hylocereus Undatus atau Buah Naga Putih


Buah Naga Putih adalah sebutan lain untuk Varietas Hylocereus Undatus. Varietas ini banyak ditemukan di Indonesia karena perawatan dan pemeliharaannya terbilang cukup mudah.
buah naga varietas Hylocereus Undatus
Hanya dengan media tanam Pot saja, buah naga varietas Hylocereus undatus ini dapat tumbuh dengan baik. Ciri-ciri varietas Hylocereus Undatus adalah Kulit Buah berwarna merah, daging buah berwarna putih dan rasa sedikit asam.

Varietas Hylocereus Polyrhizus atau Buah Naga Merah


Ini adalah varietas buah naga yang paling saya suka, daging yang berwarna merah dan sedikit berair sangat enak kalau dibuat jus dan kalau saya sendiri lebih suka dimakan langsung.
[caption id="attachment_134" align="aligncenter" width="300"]varietas buah naga merah Buah Naga Merah[/caption]
Soal rasa jenis buah naga Hylocereus polyrhizus ini terasa lebih manis dan itulah kenapa harga buah naga ini sedikit mahal.

Bukan soal rasa dan warna saja, Buah naga ini juga memiliki beberapa khasiat atau manfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi resiko diabetes melitus.

Varietas Selenicereus Megalanthus atau Buah Naga Kuning


Sesuai dengan namanya Yellow Dragon Fruit atau buah naga kuning. Kulit buah naga jenis ini berwarna kulit kuning dengan daging yang putih.
[caption id="attachment_135" align="aligncenter" width="300"]varietas buah naga kuning Buah Naga Kuning[/caption]
Berbeda dengan dua saudaranya diatas, buah naga jenis ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Di Indonesia, buah naga jenis ini jarang sekali ditemukan dan di pasaran harganya cukup mahal.

Varietas Selenicereus Megalanthus memiliki syarat tumbuh yang cukup rumit dan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk berbuah. Itulah sebabnya buah naga kuning ini langka di pasaran dan sulit ditemukan.

Varietas Hylocereus Costaricensis atau Buah Naga Hitam


Varietas Hylocereus costaricensis ini kabarnya pertama kali dibudidayakan oleh Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat di Kediri.
[caption id="attachment_137" align="aligncenter" width="300"]Varietas buah naga hitam Buah Naga Hitam[/caption]
Sebenarnya buah naga ini sama dengan buah naga merah namun karena merah yang pekat sehingga mendekati hitam maka orang-orang lebih suka menyebutnya dengan buah naga hitam.

Warna merah pekat atau hitam ini dihasilkan dari pupuk alami yang disebut black natural yang meningkatkan kadar betakaroten dalam kandungan buah.

Buah naga hitam saat ini masih jarang dipasaran dan harganya juga cukup mahal.

Kandungan Gizi Buah Naga


Dikutip dari manfaat online Kandungan gizi buah naga dalam setiap 260 gram berdasarkan persentase Angka Kecukupan Gizi adalah :

  1. Kandungan Vitamin



    • Vitamin E 1.04 mg


    • Vitamin B1 0.21 mg


    • Vitamin B2 0.16 mg


    • Vitamin B6 0.13 mg


    • Folate (pre-B9) 114,4 mg


    • Asam Pantotenat 1.38 mg


    • Vitamin C 18.2 mg


    • Niasin 1.04 mg


    • Vitamin A (Retinol) 40 mg


    • Cobalamin (Vit B12 34 mg


  2. Kandungan Mineral



    • Potassium 910 mg


    • Magnesium 106,6 mg


    • Zat besi 0,78 mg


    • Zink 0,78 mg


    • Kalsium 15,6 mg


    • Tembaga 0,08 mg


    • Mangan 0.23 mg




wow, ternyata kandungan gizi buah naga sangat tinggi ya?

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan


Selain enak di konsumsi secara langsung, buah naga juga memiliki ragam manfaat dan salah satunya adalah untuk kesehatan tubuh kita.
manfaat buah naga
Manfaat buah naga untuk kesehatan sangat banyak. Berikut adalah manfaat buah naga jika di konsumsi secara rutin :

Membantu menurunkan berat badan


Bagi anda yang sedang menjalani program diet mengkonsumsi buah naga sebagai ganti camilan layak dicoba. Kandungan gula yang rendah membantu mempertahankan berat badan.

Selain kandungan gula rendah, buah naga juga rendah kalori. Kandungan lainnya yang bagus untuk diet adalah Serat dan Air yang cukup tinggi membantu melancarkan pencernaan. :)

Menjaga kesehatan gigi


Rutin konsumsi buah naga membantu menjaga kesehatan gigi. Kenapa? Kandungan Zink dalam buah naga jawabannya.

Sebagai Antioksidan


Manfaat buah naga hampir sama dengan manfaat daun sirih yaitu sebagai antioksidan. Konsumsi rutin buah naga membantu detoksifikasi yaitu proses pengeluaran racun dari tubuh melalui hati. Kandungan Vitamin A dalam buah naga adalah antioksidan yang baik bagi tubuh.

Mencegah Kanker


Kandungan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah naga juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, vitamin C dan vitamin B2 yang membantu mengeluarkan racun logam berat dari dalam tubuh sebagai penyebab kanker.

Baik untuk Jantung


Buah Naga mempunyai kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol yang baik. Buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat membantu jantung anda tetap dalam keadaan prima.

Selain manfaat diatas, buah naga juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan yaitu :

  1. Menguatkan tulang


  2. Anti-inflamasi untuk radang sendi


  3. Menjaga sistem persyarafan


  4. Meningkatkan Stamina


  5. Menjaga sistem imun





Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan


Manfaat buah naga untuk kecantikan kulit sangat banyak itu dikarenakan buah naga memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C.

Manfaat buah naga ini juga selaras dengan manfaat susu beruang untuk kecantikan yaitu sama2 mengandung vitamin B.

Dapat Mencegah Timbulnya Jerawat


Buah naga kaya akan vitamin C, buah ini menjadi salep topikal yang hebat.

Potong buah naga secukupnya lalu oleskan ke daerah yang memerah di wajah atau kulit kemudian di bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal gunakan dua kali sehari secara rutin.

Membantu meredakan kulit terbakar


Panas rasanya jika kulit kita terbakar secara tidak sengaja. Anda mengalami ini dan kebetulan anda menyimpan buah naga di kulkas. Ambil dan tempelkan pada kulit yang terbakar. Kandungan Vitamin B3 pada buah naga dapat melembabkan kulit yang terbakar serta membantu melepaskan panas dari daerah yang terdampak.

Menghaluskan Kulit


Vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga membantu menghaluskan kulit. Anda dapat mencoba buah naga sebagai lulur alami.

Cara membuat lulur alami dari buah naga


Buah naga ukuran sedang di blender dan ditambahkan dengan ½ gelas air putih. Saring dan buang ampasnya. Setelah itu oleskan ke seluruh kulit wajah, kulit leher dan bila anda inginkan dapat di oleskan ke seluruh tubuh anda. Gunakan 1 minggu 1 kali secara teratur.


Mencegah Penuaan Dini


Walau tua tidak bisa diobati, tetapi untuk tetap terlihat kencang bukan alasan untuk tidak melakukan perawatan. Manfaat buah naga ini dapat mencegah penuaan dini.

Apa itu penuaan dini?

Racikan alami buah naga untuk mencegah penuaan dini
Bahan-Bahan

  1. Buah Naga merah ukuran sedang


  2. 1 Sendok Yoghurt


Caranya :



Bersihkan buah naga, blender dengan di beri tambahan ½ gelas air putih sampai halus. setelah itu tambahkan juga 1 sendok yoghurt lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Kemudian oleskan ke seluruh kulit wajah dan leher. Diamkan sekitar 30 menit. Bersihkan dengan air hangat


Manfaat Buah Naga untuk Industri


Selain sebagai makanan, buah naga juga bisa dimanfaatkan untuk industri kecil atau besar. Untuk industri besar, buah naga dimanfaatkan untuk dibuat selai buah naga.

Industri kecil memanfaatkan buah naga sebagai pewarna alami. Kandungan betakaroten yang merah menyala sangat baik sebagai pewarna alami.

Saya sendiri suka memakai warna dari buah naga ini untuk membuat kue bolu atau roti..

.... enak dan sehat....

Efek Samping Buah Naga


Meski memiliki nama yang sangar yaitu NAGA, Selama ini belum ditemukan kasus yang ditimbulkan dari buah naga. Saya tidak pernah mendengar ada orang yang keracunan buah naga, terkecuali mungkin di patuk ular naga..

Hanya saja pada sebagian kasus ( saya sendiri ) ketika mengkonsumsi buah naga adalah perubahan pada warna feses....

Tebak jadi warna apa?....

Agar lebih memahami manfaat buah naga untuk kesehatan. SIMAK VIDEO dibawah ini !
https://youtu.be/VpXZS5QeKac

Demikian artikel manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan ini dibuat dan semoga bermanfaat bagu anda.

1 Response to "Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel